Jumat, 15 Mei 2020

Praktik Baik (Best Practice) dalam Mengelola / Menerapkan Model Pembelajaran "Belajar Dari Rumah"

Assalamualaikum Smart Teacher Praktik Baik (Best Practice) dalam Mengelola / Menerapkan Model Pembelajaran "Belajar Dari Rumah"


 Vlog Praktik Baik (Best Practice) dalam Mengelola / Menerapkan Model Pembelajaran Belajar Dari Rumah

Tulisan ini berkaitan dengan tugas Diklat Online PembaTIK 2020 Level 2. Kali ini, Saya akan berbagi tentang pengalaman belajar dari rumah dengan menggunakan LMS, social media, dan produk Pusdatin. Silahkan disimak. Saya buat kelas online yang lebih teratur menggunakan LMS, social media, dan Portal Rumah Belajar. Aplikasi yang digunakan adalah Whatsaap, Google Classroom, Channel YouTube Darwis Art, Blog (gurusenibudaya.com), Google Form, dan Rumah belajar fitur BSE. Jadwal Pembelajaran daring disesuaikan dengan jadwal pembelajaran sebelum harus belajar dari rumah. Tentu saja dengan daring peserta didik bisa konsultasi kapan saja tanpa batas.
Langkah-langkah yang saya lakukan adalah: 1. Koordinasi dilakukan di WA Grup. 2. Menggunakan LMS Google Classroom, dan mengirim kode kelas ke peserta didik untuk bergabung melalui WA Grup. 3. Membuat materi ajar di buat dalam bentuk video menggambar komik di YouTube. 4. Kemudian hasil materi video menggambar komik juga di foto sebagai materi dalam bentuk gambar komik. 5. Membuat tambahan materi di blog (gurusenibudaya.com). 6. Untuk literasi digital menggunakan BSE dari portal Rumah Belajar. 7. Penilaiannya menggunakan Google Form. 8. Semua materi ini dijadikan satu dan diakses di kelas Google Classroom. Saya memilih menggunakan model pembelajaran Project Based Learning karena saya akan melakukan penilaian proyek menggambar komik peserta didik. Sintaksnya adalah: 1. Pengenalan masalah 2. mendesain perencanaan proyek 3. penyusunan jadwal proyek 4. Monitoring pelaksanaan kegiatan 5. Refleksi Menurut Saya Portal Rumah Belajar merupakan pendukung dalam proses pembelajaran agar pembelajaran terlaksana dengan baik. Seperti peserta didik, guru juga selalu belajar agar peserta didik bisa belajar labih baik lagi. Untuk itu guru selalu berinovasi dalam menggunakan media dan model pembelajaran. Setelah menentukan model pembelajaran lalu memilih media pembelajaran yang tepat. Alhamdulillah ada Portal Rumah Belajar, yang dapat mendukung kita dalam proses pembelajaran melalui fitur-fitur yang disediakan. Jadi ingat untuk membuka portal rumah belajar di belajar.kemdikbud.go.id, semoga bermanfaat dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Salam Smart Teacher gurusenibudaya.com Tempatnya Guru Berinovasi #PusdatinKemendikbud #PembaTIK2020 #DutaRumahBelajar2020 #RumahBelajar2020 #ImplementasiTIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar